Tata Cara Sholat Hajat


Tata Cara Sholat Hajat
Tata Cara Sholat Hajat from www.defantri.my.id

Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan untuk meraih keberkahan dan keberhasilan dalam suatu hajat atau keperluan.

Waktu Pelaksanaan Sholat Hajat

Sholat hajat dapat dilakukan kapan saja, baik di pagi, siang, sore, atau malam hari. Namun, sebaiknya dilakukan pada malam hari atau setelah sholat Isya'.

Cara Melakukan Sholat Hajat

1. Niat

Sebelum memulai sholat hajat, hendaknya kita mengambil wudhu terlebih dahulu. Kemudian, kita harus meniatkan sholat hajat dengan hati yang tulus dan ikhlas.

2. Rakaat Pertama

Setelah niat, kita melakukan takbiratul ihram dan membaca doa iftitah. Kemudian, kita melakukan dua rakaat sholat seperti biasa dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya pada rakaat pertama dan kedua.

3. Doa Setelah Rakaat Pertama

Setelah selesai rakaat pertama, kita membaca doa khusus sholat hajat yang biasanya dikenal dengan doa qunut hajat. Doa ini dapat dibaca secara diam-diam atau dengan suara pelan.

4. Rakaat Kedua

Setelah membaca doa qunut hajat, kita melanjutkan sholat dengan rakaat kedua seperti biasa dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

5. Doa Setelah Sholat

Setelah selesai sholat hajat, kita membaca doa setelah sholat hajat yang biasanya dikenal dengan doa hajat. Doa ini juga dapat dibaca secara diam-diam atau dengan suara pelan.

Keutamaan Sholat Hajat

Sholat hajat memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Meraih keberkahan dan keberhasilan dalam suatu hajat atau keperluan.
  • Menjaga diri dari perbuatan dosa dan kesalahan.
  • Menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Dengan melaksanakan sholat hajat, kita dapat meraih keberkahan dan keberhasilan dalam suatu hajat atau keperluan. Selain itu, sholat hajat juga dapat menjaga diri dari perbuatan dosa dan kesalahan, serta menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Comments

Popular posts from this blog

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara Ini Di Tahun 2023

Cara Menghilangkan: Tips & Tutorial

Cara Download Video Youtube Dengan Mudah